kampung-kapitan-wisata-palembang

Palembang bukan hanya memiliki icon jembatan amperanya yang terkenal dan kuliner pempek. Bagi Anda yang berkunjung ke Palembang, bisa juga mengunjungi 12 Tempat wisata di Palembang berikut ini : 1. Jembatan Ampera dengan Sungai Musinya Bila ke Palembang tidak mengunjungi…

Palembang bukan hanya memiliki icon jembatan amperanya yang terkenal dan kuliner pempek. Bagi Anda yang berkunjung ke Palembang, bisa juga mengunjungi 12 Tempat wisata di Palembang berikut ini :
1. Jembatan Ampera dengan Sungai Musinya

jembatan ampera icon kota PalembangBila ke Palembang tidak mengunjungi jembatan ini, maka belumlah disebut ke Palembang. Ini iconnya kota Palembang. Jembatan yang dibangun tahun 66 ini oleh pemerintah Jepang sebagai hadiah untuk Bung Karno yang mewakili masyarakat Indonesia, dulunya bisa mengangkat bagian jembatannnya. Namun, sayang sekarang ini jembatan ini sudah tidak bisa mengangkat bagian tengahnya, namun tetaplah menjadi obyek foto yang menarik di malam hari.

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Tempat Wisata di PalembangTidak jauh dari Jembatan Ampera, berdiri sebuah benteng kokoh yang dibangun tahun 1800. Bangunan bersejarah ini dibangun di zaman pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin II ketika menghalau serangan Belanda yang ingin menjajah Palembang. Benteng nan gagah ini bernama Benteng Kuto Besak, yang artinya Benteng Kota Besar (Kuto itu kota. Besak itu Besar). Dahulunya Benteng kuto besak atau BKB ini merupakan pintu masuk ke kota. Bila malam minggu, pelataran alias alun-alun BKB ini ramai sekali oleh pengunjung yang jalan2 menikmati malam minggu.

3. Kampoeng Kapitan

kampung-kapitan-wisata-palembangKampoeng Kapitan ini merupakan bukti sejarah beragamnya etnis di Indonesia umumnya dan Palembang khususnya sejak zaman dahulu. Kampung ini dinamakan kampoeng kapitan karena merupakan tempat tinggal kapten Tionghoa zaman dahulu sejak zaman Belanda. Di sini terdapat 5 rumah berarsitektur oriental palembang, yang sudah berusia 2,5 abad. Letaknya tidak jauh dari pinggiran sungai Musi, di seberangnya Benteng Kuto Besak. Bila ingin mendatangi lokasi ini, bisa dengan naik perahu ketek dari BKB atau lewat jalan darat dengan menyeberangi jembatan ampera. Kampoeng Kapitan terletak di sebelah ulu. Ada keturunan yang ke-13 dari Kapten yang masih menempati dan menjaga rumah warisan leluhur.

 

4. Pulau Kemaro

pagoda pulau kemaro palembang wisataBila Anda mempunyai waktu luang lebih banyak dan tidak takut air, anda bisa berwisata ke Pulau Kemaro, salah satu tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi. Dengan naik perahu ketek atau speedboard anda menikmati wisata sungai Musi ke Pulau Kemaro. Di Pulau ini ada kelenteng tua dengan pagoda yang menjulang tinggi. Ada sebuah legenda yang menarik tentang pulau ini. Pulau Kemaro sangatlah rame dikunjungi di event Cap Go Me tiap tahunnya. Berbagai pengunjung dari dalam dan luar negeri mengunjungi tempat wisata di Palembang yang satu ini. Untuk berkunjung ke pulau Kemaro ini, anda bisa naek perahu ketek ataupun speedboard dari bawah ampera atau alun-alun BKB. Bisa juga sewa perahu ketek.

5. Museum Sultan

museum smb wisata sejarah palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini letaknya di pinggir sungai Musi dekat sekali lokasi dengan Benteng Kuto Besak. Di dalam museum ini terdapat koleksi lengkap segala sesuatu yang berhubungan dengan Sultan Mahmud Badaruddin II dan juga budaya Palembang. Ada senjata sultan, pakaian, silsilah, peralatan dan cerita perlawanan sultan menghadapi imperialisme Belanda. Tidak hanya itu, berbagai budaya Palembang juga bisa diketahui dan dipelajari di sini bagi yang menyukai wisata sejarah dan budaya. Ada berbagai koleksi pakaian daerah, pakaian pengantin, peralatan pernikahan, kamar pengantin adat Palembang, dsb.

6. Bukit Siguntang

bukit siguntangBila ke palembang, tidaklah sempurna bila tidak berkunjung ke salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya. Bukit Siguntang merupakan salah satu tempat wisata di kota Palembang yang merupakan situs dari kerajaan Sriwijaya. Di sini terdapat 7 makam dari raja Sriwijaya yang terakhir, juga ada tugu yang menceritakan tentang kejayaan Sriwijaya dahulu dan sejarah datangnya Ceng Ho ke Indonesia. Lokasi bukit Siguntang ini di daerah Bukit Besar. Bila ingin ke lokasi ini, tersedia angkutan kota, angkot atau Bus Kota jurusan Bukit Besar.

7. Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

museum-tpks-palembang

Tempat yang satu ini letaknya agak di pinggiran kota, berjarak sekitar 10km dari pusat kota. Terletak di jalan Kramasan, dipercaya merupakan daerah kerajaan Sriwijaya dengan sistem pengairannya. Dalam museum ini, terdapat puluhan koleksi prasasti dan artefak dari zaman Sriwijaya. Ada prasasti Talang Tuo, prasasti Kedukan Bukit, prasasti Telaga Batu, dan berbagai lainnya, juga sejarah Sriwijaya yang wilayahnya luas dan merupakan kerajaan maritim. Bagi pecinta wisata sejarah dan budaya, sangatlah disayangkan bila melewatkan kunjungan ke sini. Sangat disayangkan tidak ada angkutan umum bila ingin berkunjung ke tempat ini. Anda bisa menggunakan taxi atau sewa mobil palembang.

8. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

monpera-tempat-wisata-sejarah-palembangNah, Palembang itu mempunyai tiga zaman. Yang pertama zaman kerajaan Sriwijaya, di museum TPKS atau Bukit Siguntang. Kedua zaman kesultanan Palembang Darussalam bisa dilihat di museum SMB. Dan yang ketiga itu zaman sekarang ini. di Monpera ini menceritakan perjuangan masyarakat Palembang menghadapi penjajah Belanda yang ingin menjajah lagi Indonesia.Tahun 1947 terjadi peperangan 5 hari 5 malam menghadang Belanda yang ingin mencoba menjajah lagi Bangsa Indonesia. Lokasi  Monpera bedekatan dengan Museum Sultan, BKB. Dari atas Monpera, Anda bisa menikmati view kota Palembang secara keseluruhan. Inilah 8 Tempat Wisata yang menarik dan wajib dikunjungi bagi anda yang berwisata di kota Palembang.

 

 

 

 

 

 

leave a reply

*